Lomba Business Plan 500 Juta (Diplomat Success Challenge season 2)


Bingung mencari modal untuk usaha? ini, duniakuro menemukan 1 lomba yang sangat heboh dan hadiahnya 500 Juta, yaitu Diplomat Success Challenge yang merupakan ajang pencarian calon pengusaha andal dengan ide bisnis paling brilian. Dalam ajang ini, peserta harus mengirimkan proposal ide bisnis untuk kemudian disaring oleh tim seleksi. Calon peserta dan proposalnya yang lolos di penyeleksian akan diikutsertakan ke tahap berikutnya. Di tahap ini para peserta memiliki sebutan baru, yaitu Challenger.

Untuk sampai ke puncak kesuksesan, para Challenger harus melalui berbagai tantangan. Tantangan-tantangan diadakan di beberapa kota di Indonesia. Di kota-kota inilah Challenger akan diuji Kepiawaiannya, Pemahamannya dan Personanya dalam menghadapai tantangan-tantangan yang diberikan oleh panitia.

Challenger dengan proposal dan nilai terbaik akan mendapatkan modal usaha SETENGAH MILYAR RUPIAH!

Masing-masing Challenger akan mendapatkan poin atau penilaian di setiap tantangan. Para penilai terdiri dari tiga juri, Surjanto Yasaputera (PT Gelora Djaja), Helmy Yahya (Pebisnis dan Entertainer) dan Antarina S. F. Amir (Pebisnis dan Akademisi).

Anda tertantang untuk menjadi pengusaha ANDA? Tulis proposal ide bisnis terbaik dan kirim sekarang juga!

Peraturan dan Tata Cara Kompetisi 

A. Judul Kompetisi : “DIPLOMAT SUCCESS CHALLENGE” – Season 2

B. Tujuan Kompetisi

  1. Menarik minat masyarakat untuk mengembangkan ide-ide bisnis yang kreatif.
  2. Memberikan kesempatan kepada mereka yang ingin menjadi wirausahawan, untuk merealisasikan ide bisnis kreatifnya.
  3. Menekankan dan mengembangkan unsur kompetisi para calon wirausahawan dalam dunia usaha.

C. Pesan Moral
Kompetisi ini memiliki pesan moral dan dorongan sebagai berikut :

  1. Lakukan segera, apa yang menurut anda terbaik pada kesempatan pertama (Go Action!).
  2. Kembangkan terus kegiatan yang telah dilakukan pada kesempatan-kesempatan selanjutnya.
  3. Tumbuh kembangkan hasrat dan daya saing dalam dunia persaingan dengan baik dan benar dalam dunia usaha.

D. Kepesertaan.
Kompetisi ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia, baik pria maupun wanita dengan syarat-syarat sebagai berikut :

  1. Berkeinginan untuk berwirausaha atau yang sudah menjadi wirausaha pemula.
  2. Berdomisili di Indonesia.
  3. Usia 20 s/d 40 tahun.
  4. Sehat jasmani dan rohani serta terbebas dari narkoba.
  5. Tidak memiliki hubungan kekeluargaan, kepegawaian atau bisnis selama 1 (satu) tahun terakhir dengan pihak penyelenggara kompetisi antara lain dengan:
    • PT. Gelora Djaja dan Wismilak Group
    • PT. Matari Advertising.
    • Anala – DayDreams
    • IPMI Business School
    • MetroTV.
    • Pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan, produksi, distribusi atau pengesahan lain dari DSC.

E. Pengiriman Dokumen Kompetisi. 
Dokumen-dokumen untuk mengikuti kompetisi sudah harus diterima oleh penyelenggara selambat-lambatnya tanggal 29  Agustus 2011

Dokumen-dokumen tersebut terdiri atas:

  1. Formulir pendaftaran dan deskripsi proposal dalam bahasa Indonesia (format disediakan oleh panitia dan dapat diakses melalui situs: http://www.wismilak-diplomat.com).
  2. File fotokopi KTP / Passport (maksimal 200 kb, format JPG).
  3. File foto setengah badan dan seluruh badan (masing-masing maksimal 200 kb, format JPG).
  4. Pengiriman dokumen dapat juga dilakukan secara offline yang  disampaikan dalam bentuk CD atau sejenisnya, dikirim ke alamat PO Box 7145

F. Proposal.

  1. Setiap peserta hanya diperkenankan mengirimkan satu proposal dengan uraian sebagai berikut :
    1. Judul.
    2. Ringkasan ide bisnis.
    3. Gambaran singkat produk atau jasa yang ditawarkan.
    4. Potensi dan segmentasi pasar.
    5. Strategi pemasaran.
    6. Analisa keuangan.
  2. Orisinalitas.
    Semua proposal yang diikutsertakan dalam kompetisi harus orisinal  dan milik / ciptaan sendiri dan bukan merupakan proyek atau bagian dari  proses studi / perkuliahan. Bila kemudian diketahui melanggar salah satu  atau beberapa hal diatas, maka peserta akan didiskualifikasikan dari  kompetisi ini.
  3. Hak cipta.
    Pelanggaran atas hak cipta milik pihak ketiga mengakibatkan peserta  secara otomatis didiskualifikasi dari kompetisi ini. Bila ada klaim dari  pihak pemegang / pemilik hak cipta maka hal itu adalah tanggung jawab  dari peserta termasuk biaya-biaya yang timbul. Hak cipta dari ide bisnis  yang diikutsertakan dalam kompetisi ini tetap menjadi milik peserta.
  4. Seleksi Proposal/Peserta.
    Hasil seleksi proposal yang dilakukan oleh panitia seleksi adalah keputusan final yang tidak dapat diganggu gugat.Tahapan-tahapan seleksi proposal adalah sebagai berikut :

a. Proposal-proposal yang diterima  panitia sampai batas akhir pendaftaran akan dipilih melalui seleksi  tahap pertama menjadi 200 (dua ratus) proposal. Tahap seleksi kedua  akan dilakukan di di 4 kota. Dari seleksi tersebut   akan dipilih 10 (se puluh) proposal hasil seleksi tahap kedua yang  berhak mengikuti seleksi  tahap selanjutnya.

b. Finalis yang berjumlah 10 (sepuluh) peserta tidak boleh memberikan informasi dalam bentuk apapun,  melalui media apapun, tentang  hasil yang diperoleh dalam program ini

c. 10 (sepuluh) proposal hasil  seleksi tahap kedua  akan disaring/diseleksi selanjutnya oleh Dewan Komisioner  menjadi 8 (delapan) proposal. Seleksi untuk memperoleh 8  (delapan) proposal dilakukan oleh panitia seleksi dengan menilai tahap  penyelesaian soal dan presentasi peserta. Laptop dan LCD proyektor  disediakan oleh penyelenggara. Materi presentasi harus disiapkan oleh  peserta dalam format Microsoft Office (Powerpoint, Word, Excel, PDF,  dll.) atau Adobe Flash.

d. 8 (delapan) proposal yang lolos seleksi tahap ke tiga akan mengikuti program Market Challenge ke 3 (tiga) kota yang disetiap kota akan ada proses eliminasi hingga mencapai tahap grand  final.
G. Penjurian
Keputusan penjurian oleh Dewan Juri bersifat final dan tidak dapat  diganggu gugat. Penilaian oleh Dewan Juri dilakukan melalui diskusi,  debat, ujian / soal, dan game.

H. Pemenang dan Hadiah.

  1. Dari kompetisi ini akan terpilih seorang pemenang.
  2. Pemenang akan mendapat hadiah sebesar Rp. 500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).
  3. Pajak – pajak atas hadiah, termasuk tapi tidak terbatas pada pajak dikenakan atas hadiah, ditanggung oleh pemenang.
  4. Hadiah yang diperoleh oleh pemenang harus dijadikan modal oleh pemenang untuk mewujudkan atau mengembangkan ide bisnis kreatifnya, yang harus dipertanggungjawabkan olehnya kepada PT Gelora Djaja selaku sponsor utama event DSC. Untuk itu pemenang harus membuat surat pernyataan.
  5. Pemenang harus bersedia menjadi brand ambassador “Wismilak Diplomat” tanpa kompensasi. Untuk itu pemenang harus membuat surat pernyataan.

I. Lain-lain.
Hak siar program.
Sepanjang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku, peserta  menyetujui pengambilan gambar selama berlangsungnya penyelenggaraan  kompetisi dan penyelenggara berhak menyiarkan sebagian atau seluruhnya  tanpa memberikan kompensasi kepada peserta.

info lebih lanjut: http://www.wismilak-diplomat.com

About duniakuro
this is great blog

One Response to Lomba Business Plan 500 Juta (Diplomat Success Challenge season 2)

  1. wahono says:

    Smoga Wismilak JAYA SELALU!!!! Andai saja pemerintah memperhatikan rakyat yang berpotensi seperti, seperti apa yang dilakukan Wismilak. Pasti pengangguran takkan pernah terjadi dan wiausahawan akan selalu berkembang. Tidak menjadi pembantu di negara sendiri…THANKS SO MUCH WISMILAK!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: