[REPOST] Jempolers Indonesia Facebook SPAM


Akhir-akhir ini, temen2 di facebook  kuro (http://www.facebook.com/taufik.widiarto) sering mengirimkan chat yang isinya “taufik, pengen tahu saipa aja yang Sering lihat profilemu? Http://www.facebook.com/JempolersIndonesia?“. Kuro jadi penasaran dan ingin mengetahui SPAM ini. Singkat kata, kuro menemukannya disitus vaksin.com, jadi kuro akan REPOST saja ya…. karena keseluruhan tulisannya WAJIB di bagi lewat duniakuro.wordpress.com. yuk kitas simak sama-sama artikel di vaksin.com berikut ini:

Jempolers Indonesia Facebook SPAM
Menjadi Bandung Bondowoso bermodalkan Javascript contekan

[nama anda] pengen tahu saipa aja yang Sering lihat profilemu? Http://www.facebook.com/JempolersIndonesia?sk=app_app208195102528120

Kalau Bandung Bondowoso yang sakti mandraguna berhasil membangun 999 candi dalam semalam dengan bantuan makhluk halus demi mempersunting Roro Jonggrang. Maka di jaman modern ini, jika ingin menyaingi Bandung Bondowoso anda tidak perlu pergi bertapa ke hutan untuk mendapatkan kesaktian atau meminta bantuan makhluk halus, cukup menggunakan komputer dan bantuan dari Javascript anda akan mampu mengumpulkan ratusan ribu korban dalam waktu 3 malam. Cuma yang anda dapatkan bukan makhluk halus, tetapi anggota Facebook yang menjadi korban aksi penipuan anda. Adalah komunitas yang menamakan dirinya Jempolers Indonesia yang menjalankan aksinya sejak 29 April 2011 memanfaatkan keinginan narsis para anggota Facebook untuk mengetahui siapa saja yang melihat profilenya. Jika anda jatuh menjadi korban dan menjalankan apa yang diperintahkan maka secara otomatis anda akan mengirimkan pesan Facebook Chat ke seluruh kontak anda. Hebatnya, dengan teknik yang mirip (untuk tidak mengatakan menyontek pages “Find Your Stalkers”) teknik eksploitasi Javascript ini, hanya dalam 3 malam berhasil memakan korban ratusan ribu pengguna Facebook Indonesia. Menurut pantauan Vaksincom, dari 29 April 2011 sampai dengan 2 Mei 2011 korban yang “menyukai” (like) situs tersebut sudah mencapai lebih dari 750.000 anggota Facebook. Selain itu, eksploitasi Javascript ini juga mampu melakukan posting ke Profile Facebook korbannya.

Pesan chat FB yang dikirimkan akan muncul seperti pada gambar 1 di bawah ini :

Gambar 1, Pesan FB Chat yang memancing calon korbannya

[nama anda] pengen tau saipa aja yang Sering lihat profilemu? Http://www.facebook.com/JempolersIndonesia?sk=app_app208195102528120

Anda akan di giring (bukan Nidji) untuk masuk ke page Jempolers Indonesia yang akan meminta anda untuk menjalankan satu Script (lihat gambar 2)

Gambar 2, Petunjuk menjalankan Javascript yang akan memberikan akses posting tanpa izin di profile anda

Jika korbannya melakukan langkah sesuai dengan petunjuk yang diberikan maka pada saat itu juga Javascript yang melakukan eksploitasi atas celah pemrograman di server FB akan dijalankan dan coding jahat ini akan dapat melakukan pengiriman pesan ke FB Chat pada seluruh kontak FB anda (lihat gambar 1 di atas) sekaligus melakukan posting pada profile anda. Hebatnya, posting profile ini juga sekaligus berfungsi sebagai promosi bohong atau iming-iming bahwa seakan-akan aplikasi untuk melihat “Siapa Yang Melihat Profil Saya” adalah benar-benar berfungsi. Padahal sebenarnya aplikasi tersebut tidak ada dan data posting yang ditampilkan adalah data bohongan yang mengambil data kontak profile dan menampilkan angka jumlah “views” secara acak. (lihat gambar 3)

Gambar 3, Posting yang dilakukan di Profile korban seakan-akan aplikasi ini mampu melihat siapa saja yang melihat profil anda.

Satu hal yang menjadi catatan dari aksi ini adalah coding ini tidak menggunakan aplikasi (Apps) Facebook sehingga tidak dapat di blok oleh Facebook atau pengguna Facebook melalui “Privacy Settings” di Facebok dan kemungkinan besar memanfaatkan celah keamanan dalam server Facebook. Karena itu semua pengguna Facebook yang menggunakan OS apapun, termasuk Smartphone rentan terhadap ekslpoitasi ini. Karena itu Vaksincom menyarankan para pengguna Facebook untuk jangan mudah percaya tautan / link apapun yang diberikan oleh kontak Facebook anda. Sekalipun itu teman, mantan pacar, saudara atau istri anda sekalipun. Khususnya pada saat-saat weekend, aplikasi ini akan diluncurkan oleh pembuatnya demi mendapatkan korban yang maksimal.

Jika anda sudah menjadi korban dari aplikasi ini, untuk mencegah korban lebih banyak, harap segera hapus posting yang dilakukan oleh aplikasi ini dari profil anda (lihat gambar 4) dan informasikan kepada kontak-kontak Facebook untuk melakukan hal yang sama dan berhati-hati terhadap tautan apapun yang dikirimkan dari FB Chat.

Gambar 4, Posting palsu yang mengklaim seakan-akan aplikasi “Siapa yang melihat profilku” berfungsi

Salam,

Aa Tan

info@vaksin.com

PT. Vaksincom

Jl. R.P. Soeroso 7AA

Jakarta 10330

Ph : 021 3190 3800

Fx : 021 3190 3500

REPOST dari: http://vaksin.com/2011/0511/jempolers/Jempolers%20Indonesia.html


About duniakuro
this is great blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: